Musim Kemarau, Konsumsi Listrik Naik 7 Persen di Semua Sektor

Konsumsi listrik di Musim kemarau seperti saat ini cenderung mengalami kenaikan. Seperti disampaikan Irham Maulana Manager PLN ULP Ponorogo, Berdasarkan data di PLN ULP Ponorogo kenaikan konsumsi listrik perbulan yakni 7% di semua sektor, tak terkecuali di penggunaan konsumsi listrik untuk pengairan pertanian. 


“nggeh , kalau untuk peningkatan Alhamdulillah tiap tahun ada peningkatan setiap tahunnya, sesuai dengan penggunaan listrik” jelasnya kepada gema surya Ahad (03/09). 

Kenaikan ini terjadi sejak bulan Maret 2023, dimana pada bulan tersebut merupakan pergantian musim, dari penghujan ke kemarau., kenaikan konsumsi listrik ini memang terjadi setiap tahun di musim kemarau, namun jika dibanding tahun lalu, kenaikan konsumsi listrik lebih saat ini lebih rendah.

“Iya untuk musim kemarau sendiri kan, diluar pemakaian normal, kan ada juga pemakaian untuk pompa-pompa sawah”  imbuhnya.

Menurut irham di musim kemarau ini mayoritas petani menggunakan sibel untuk mengairi persawahan mereka, dimana di bawah wilayah kerjanya, yakni Sumoroto dan Babadan yang paling banyak penggunaannya, bahkan banyak juga yang melakukan pendaftaran untuk pemasangan sibel di musim kemarau.

“Di daerah yang ke arah sumoroto, terus arah utara yang paling banyak, yang paling banyak lokasi sawah-lokasi sawahnya, ya daerah babadan, daerah-daerah situlah” pungkasnya.