Kasus Kebakaran di Ponorogo Terus Bertambah, Terbaru Terjadi di Sampung dan Mrican Jenangan

Rentetan kasus kebakaran di Ponorogo kian panjang, kamis 31 Agustus 2023 Gunung Hutan jati sampung membara. Berselang sehari Jumat 1 September 2023 lahan bambu di Mrican Jenangan juga berkobar.


Bambang supeno, Kabag Damkar dan Penyelamatan Satpol PP mengatakan sedikit 1 hektar lahan di Gunung Hutan Jati sampung dilalap sijago merah. beruntungnya tidak sampai membakar pohon jati dimana hanya serasah dan rerumputan kering yang terbakar. Setelah melakukan penyemprotan di tempat yang bisa dijangkau, petugas juga turun langsung memadamkan api secara tradisional yakni dengan pengeroyokan dan penyekatan. Timnya dibantu oleh Polsek Koramil dan warga. Dibutuhkan waktu selama satu jam untuk melokalisir api. 

Sejauh ini lanjut Bambang, belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran hutan milik perhutani tersebut namun di lokasi ditemukan bekas pembakaran lahan. Bisa jadi sengaja dibakar untuk pembukaan lahan atau akibat puntung rokok.

Sementara itu, terbaru kasus kebakaran terjadi di Desa Mrican pada Jumat 1 September 2023. Rumpun bambu di belakang Balai Desa Mrican berkobar hebat. Bambang menjelaskan jika laporan kebakaran masuk ke damkar jam 11.30 WIB, dan api berhasil dijinakkan satu jam kemudian. Lokasi kebakaran dekat dengan rumah penggulingan namun berkat kesigapan petugas api tidak menjalar.

Belajar dari maraknya kasus kebakaran akhir-akhir ini, pihaknya tak henti hentinya meminta warga untuk ikut menjaga kelestarian hutan dan ekosistemnya dengan tidak melakukan kegiatan yang berpotensi merusak lingkungan dan menciptakan sumber api.