Jelajah

Awas Peredaran Uang Palsu, Sudah Sasar Sejumlah Pedagang Pasar

Awas, uang palsu diperkirakan beredar di Ponorogo. Sejumlah pedagang di pasar mengeluhkan mendapatkan uang palsu dari beberapa pembeli. Uang palsu seratus ribuan tersebut, jika tidak diteliti nyaris persis sama dengan asli. Tapi setelah dicek, diterawang, dan diraba, baru terlihat perbedaannya.

Rina, pedagang ayam mengatakan mengetahui jika uang seratus ribunya palsu ketika mau setor ke bosnya. Untungnya hanya satu lembar, namun selaku pedagang tetap harus menanggung kerugian.

“Taunya itu buat setor. Kata bosnya pas dihitung bilang ini kok bukan. Kalau sekilas sih sama, cuma kalau dilihat beneran ya beda,” jelasnya.

Setelah diteliti, ukuran uang tersebut lebih kecil dibanding yang asli, tekstur kertasnya lebih halus dan tipis,dan tidak disertai hologram. Dan ternyata bukan hanya dirinya saja yang disasar, tapi beberapa pedagang lainnya juga bernasib sama.

Mereka sengaja memanfaatkan waktu ramai pembeli agar pedagang tidak bisa mengecek keaslian uang yang diterimanya. Selain itu, pembelian yang dilakukan biasanya tidak banyak dengan tujuan mendapatkan sisa uang lebih dari barang yang dibeli dengan uang palsu itu. (rl/ab)