Jelajah

20 Hari Terakhir, Satpol PP Padamkan 20 kebakaran di Ponorogo

Selama 20 hari terakhir pada 1 – 20 September 2023 Satpol PP harus berjibaku memadamkan api di 20 titik lokasi yang berbeda. Si jago merah ini ada yang melalap rumah, rumpun babu, hingga kandang ternak.

Angka itu disampaikan Kepala Bidang Penyelamatan dan Damkar Satpol PP Ponorogo Bambang Supeno, jika di rata-rata sehari ada 1 kebakaran yang di padamkan oleh tim damkar.

“Pernah sehari 3 kali dalam pemadaman api,” ungkapnya

Lanjut Bambang, dari puluhan kebakaran tersebut paling banyak kerugian materinya yakni rumah Tukimun warga RT 1 RW 4 Desa Dapapan Balong yang terbakar karena dapur kompor kayu. Kerugian ditaksir mencapai Rp 500 juta, pasalnya 1 rumah habis terbakar serta 1 gudang buah.

Dikatan, rata-rata penyebab kebakaran diduga karena kelalaian manusia. Misalnya pembakaran sampah tapi ditinggal, padahal apinya belum padam. Selain itu menyalakan diang di sekitar kandang ternak tapi tidak ditunggui

“Memasak di tungku kayu lalu lupa mematikan api saat sudah selasai juga bisa menyebabkan kebakaran,” katanya

Pihaknya meminta masyarakat lebih berhati-hati dalam melakukan pembakaran sampah atau menyalakan api. Begitupun saat ditinggal, harus memastikan semua api telah padam, agar tidak menimbulkan kebakaran.