Bupati Sugiri Izinkan Lelang Kendaraan Dinas untuk Tutup Defisit 34 Miliar

Rencana lelang kendaraan untuk menutup defisit APBD senilai Rp34 miliar mendapatkan lampu hijau dari Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.


Menurutnya hal tersebut sebagai langkah untuk efisiensi, akuntabilitas, serta efektivitas dalam menyeimbangkan keuangan daerah. Pasalnya saat ini ada ratusan kendaraan yang digunakan para PNS untuk menunjang operasional dimana setiap kendaraan tersebut juga memerlukan perawatan rutin dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM), yang jumlahnya tidak sedikit.

Legislatif dan Pemkab disepakati bersama bagaimana mengefisiensi ini agar kendaraan selalu fit ketika digunakan. Sedangkan alternatif solusinya yakni pengguna mobil rental.

Sugiri mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut, pasalnya menurutnya hal tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan. Terlebih keuntungan penggunaan mobil rental yakni tidak perlu menanggung jenis perawatan.

Hanya saja pembahasan akan di lelang kendaraan plat merah tersebut belum keputusan final, apakah jumlah kendaraan bisa menutup angka defisit tersebut masih dalam kajian.

Pasalnya untuk nilai kendaraan tentu nantinya memerlukan appraisal atau penaksiran harga sebelum dijual untuk menutup defisit.

Sekedar diketahui pansus DPRD dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) berencana akan melakukan lelang kendaraan plat merah. Pasalnya APBD 2023 defisit Rp34 miliar. (yd/rl/ab)