Agustusan, Gangguan Pemadaman Listrik Masih Terkait Layang Layang Bukan Umbul-Umbul

PLN ULP Ponorogo Kota belum menerima laporan terkait gangguan listrik akibat umbul-umbul maupun lampu penjor dalam HUT kemerdekaan RI ke 78 tahun ini, yang terjadi justru pemadaman listrik kali ini masih terkait layang layang.


Irham Maulana Manager PLN ULP Ponorogo Kota mengatakan ada 3 pengaduan yang masuk, setelah dicek ternyata layang-layang beserta benangnya yang nyangkut di jaringan. Pihaknya setiap harinya menurunkan petugas lapangan untuk patroli, dan selalu menemukan sampah layang-layang yang menempel ataupun nyangkut di kabel PLN.

“Kalau untuk rawan layang-layang daerah kota, mungkin banyak nggeh, dari temen-temen sendiri patroli terkait sampah layang-layang yang menempel di jaringan” terangnya kepada gema surya (14/08). 

Beruntung ada beberapa yang tidak menimbulkan gangguan seperti listrik padam alias ama, tapi ada yang akhirnya berujung padamnya aliran listrik sehingga ratusan pelanggan dirugikan. Pihaknya lanjut irham , selain rutin patroli juga berkoordinasi dengan Desa atau kelurahan untuk mensosialisasikan pengamanan jaringan listrik baik karena layang layang, umbul-umbul hingga pohon. 

“Semoga tidak ada gangguan terkait penjor, jangan sampai dekat dengan jaringan lah, kalau roboh, jangan sampai roboh ke jaringan, atau batasan minimal kurang lebih 3 meter” pungkasnya.