Jelajah

Musim Kemarau, Permintaan Obat Gatal di Apotik Meningkat 20 Persen

Musim kemarau yang sedang berlangsung saat ini membuat banyak warga terserang penyakit kulit. Informasi yang diperoleh gema surya dari Arif Nasruhan salah satu pemilik apotik di Jl. Urip Sumoharjo dan jalan Hos. Cokroaminoto ada peningkatan permintaan obat gatal hingga 20% sejak pertengahan Juli lalu bukan hanya dewasa yang terserang gatal gatal namun juga dewasa dan orang tua. 

“Trendya di dua minggu terakhir musim bedding ini alergi kulit, ada dua kemungkinan yang pertama alergi, yang kedua kulitnya kering terus timbul penyakit karena kulit terlalu kering” katanya pada Selasa (01/08).

Biasanya ia memberikan sediaan salep ataupun obat obatan yang bisa diminum, pihaknya akan melihat penyebab gatal karena faktor kulit kering atau alergi dengan udara yang kering dan berangin ini. Jika kulit kering bersisik maka diarahkan untuk memakai pelembab ataupun hand body lotion dengan bahan baku vaseline obat. 

 “Betul handbody bisa, handbody pakai vaseline biasanya, untuk solusinya memang paling bagus itu, ini bukan vaseline care tapi vaseline obat” katanya

Sejauh ini pembeli yang datang tidak membawa resep dari Dokter sehingga pihaknya memberikan obat bebas terbatas sesuai dengan keluhan konsumen sebelumnya lanjut Arif, awal musim kemarau banyak permintaan akan obat batuk pilek namun kini mulai beralih ke obat gatal. 

“Awal Juli kemarin banyak yang batuk,pilek, terus yang punya asma juga banyak yang kambuh, karena alergi” pungkasnya.