Festival Nasional Reog Sumbang Ratusan Juta Bagi PAD, Kepala Disbudparpora Sebut Ada Peningkatan

Rangkaian berbagai acara yang diselenggarakan pada grebeg suro 2023 telah berakhir, event tersebut berdampak positif terhadap Pendapatan asli daerah (PAD) dimana dari berbagai acara yang diselenggarakan bisa menambah pendapatan selain dari sisi wisata telaga Ngebel yang saat ini sudah surplus.


Seperti disampaikan Yudha Slamet Sarwo Edi Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), event Festival Nasional Reog pada tahun 2022 meneyumbang setoran sebebesar Rp522.000.000 sementara pada tahun 2023 ini sebesar Rp570.000.000 yang artinya ada peningkatan 9,2% dari tahun sebelumnya. 

Yudha mengatakan dari sisi harga tiket, event sekelas Festival Nasional Reog sebenarnya tergolong murah-meriah, apalagi jika dibandingkan event lain semisal Konser musik, namun karena ini merupakan event budaya yang diatur dalam peraturan Daerah (perda), sehingga harus sesuai dengan aturan yang telah ada. Ketika ditanya soal kenaikan harga tiket secara prinsip Yudha berpedoman selama PERDA belum ada perubahan maka harga akan tetap, bahkan kalau bisa gratis.

Sementara itu dari berbagai sisi Festival Nasional Reog tahun ini dinilai mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, hal ini tak lepas dari hasil evaluasi yang dilakukannya, seperti dari sisi tata panggung, sound system serta yang lainnya, dengan peningkatan itu terbukti dapat menyedot banyak pengunjung bukan hanya dari dalam namun juga dari luar Daerah.