Jelajah

Tertangkap Kamera ETLE, 2 Pemotor Ditilang Dalam Sepekan Operasi Patuh Semeru Dilaksanakan

Sepekan digelar operasi patuh semeru 2 pelanggar sepeda motor berhasil ditilang, mereka tertangkap kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile melanggar aturan berlalu lintas dijalan dengan jenis pelanggaran tidak menggunakan Helm. Hal tersebut disampaikan Iptu Immamudin Mursyid kanit penegakan hukum (Gakkum) Satlantas polres Ponorogo Sabtu (15/07). 

Menurut Imamudin dalam operasi yang dilakukan, anggota tetap mengedepankan tilang elektronik, namun jika ditemui pelanggar yang berpotensi membahayakan pengguna jalan lain, bisa dilakukan tilang manual. Upaya preventif dengan himbauan menjadi hal yang dikedepankan, terutama kepada orang tua. Mereka diharapkan bijak dengan tidak memperbolehkan anak-anak dibawah umur mengendarai kendaraan sendiri, karena sangat berpotensi terjadi kecelakaan, selain itu trend kecelkaan yang melibatkan anak dibawah umur juga mengalami kenaikan.

Sekedar informasi ada 7 prioritas sasaran dalam operasi patuh Semeru, 7 sasaran yang nantinya bisa dikenai tilang yakni pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang, berkendara melebihi batas kecepatan, pengendara kendaraan yang masih dibawah umur, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, dan pengendara ranmor R4 yang tidak menggunakan sabuk keselamatan, pengemudi dipengaruhi alkohol/narkotika/obat terlarang, menggunakan HP pada saat mengemudikan kendaraan dan Melawan arus lalu lintas.