Brigadir Pandito Anggota Polsek Sambit Ajak Pemuda Desanya Berwirausaha

Lebih dekat dengan sosok polisi Brigadir Pandito Aji Dewandaru anggota Unit Reskrim Polsek Sambit Polres Ponorogo yang peduli pada pemuda desanya.


Seperti yang diceritakan Dito sapaannya, dirinya membuka sejumlah usaha mikro kecil menengah (UMKM), untuk membantu mengentaskan pengangguran di Desa Kutu Wetan. Pasalnya pengangguran akan berdampak pada angka kriminalitas.

Berawal dari kegelisahan itu dirinya melakukan inisiatif mengajak pemuda untuk berwirausaha. Dito, polisi yang memperoleh penghargaan dari Kapolres Ponorogo dan Polda Jatim atas prestasinya yang berhasil mengungkap kasus besar narkoba (jenis sabu) ini menjelaskan, bahkan saat ini setidaknya lebih 70 orang anak muda bekerja untuk membantu menjalankan UMKM.

Lanjut pria 33 tahun ini, terobosan kedai UMKM tersebut menjual berbagai makanan seperti cimol, stik kentang, pentol goreng, singkong goreng, siomay, sempol ayam, serta berbagai aneka minuman seperti teh poci, es kelapa muda. Pihaknya mendorong agar para pemuda memiliki jiwa berwirausaha agar tumbuh dalam meningkatkan kualitas ekonomi.

Masih kata Dito, UMKM yang diprakarsainya juga dalam rangka mensukseskan program Presisi Polri terkait kemasyarakatan di desa, agar Polri semakin dekat dengan masyarakat khususnya di warga.

Dito yang juga Bhabinkamtibmas Berprestasi dan Promoter Awards dari Lemkapi mengungkapkan, UMKM ini lokasinya sangat strategis milik Pengairan Provinsi Jawa Timur yang sudah lengkap surat izinnya. (yd/ab)