HeadlineJelajah

Gubernur Jatim, Siapkan Golden Tiket Untuk Lulusan SMP/Mts, Dari Hafidz Al Qur’an dan Ketua OSIS

Ada yang berbeda dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK dan SLB negeri tahun ini. Pasalnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyediakan kuota khusus berupa Golden Ticket bagi lulusan SMP/MTs di Jawa Timur. 

Golden Ticket tersebut salah satunya diperuntukkan bagi lulusan yang memiliki prestasi sebagai Ketua OSIS dan prestasi penghafal Quran (Hafidz Quran). Eko Budi Santoso Kasi SMA cabang dinas pendidikan wilayah Ponorogo mengatakan pemberian golden tiket ini untuk mempersiapkan calon pemimpin di masa depan.

Menurutnya Kuota untuk Ketua OSIS ini satu sekolah akan memperoleh 1 Kuota Ketua OSIS. Hanya saja kuotanya masih terbatas, yakni satu orang saja. Sehingga jika ada sekolah yang mendaftar lebih dari satu Ketua osis maka akan dilakukan perangkingan sesuai prestasinya. Termasuk dalam prestasi hasil lomba dengan proporsi 5%.

Kuota ini diberikan untuk menjaring siswa yang multi talenta dan memiliki jiwa kepemimpinan. Lanjut Eko, kebijakan golden tiket juga dilakukan untuk penghafal Alquran yang ingin masuk sekolah jenjang SMA, SMK,SLB. Kuota Nya pun hanya untuk 1 siswa.

Sekedar informasi jalur PPDB 2023 ada berbagai jalur. Jalur afirmasi 15 persen, jalur pindah tugas/jalur orang tua 5 persen, jalur prestasi lomba 5 persen, jalur prestasi nilai akademis 25 persen, serta jalur zonasi 50 persen.