HeadlineJelajah

Jamaah Haji Ponorogo Beri Penanda Khusus Koper Untuk Permudah Pencarian

Ada hal unik saat pengumpulan koper jamaah haji di kementerian agama subkloter 44 asal Ponorogo Kamis 8 Juni 2023 .  Pasalnya ratusan koper tersebut di beri tanda kain sleyer warna warni, atau kain udeng serta ada juga yang dikasih boneka .

Jaini ,salah satu  jamaah haji asal Babadan  mengatakan dirinya sengaja memberikan tanda sleyer di tas kopernya . Meskipun tidak ada arahan dari kementerian agama .  Langkah itu dilakukan  sebagai antisipasi agar koper lebih mudah terlihat dan mudah dicari saat dikumpulkan .

Dirinya memberikan 2 tanda pada kompernya selain dari KBIH juga , inisiatif dikasih sendiri .  Jaini pun memilih kain sleyer yang berwarna terang .  Sedangkan untuk koper pemberian kementerian agama   kopernya  kuat dan bagus .

Sementara itu Marjuni kasie penyelanggaraan haji dan Umroh ( PHU ) kementerian agama mengungkapkan tidak ada larangan jamaah haji  memberikan penanda khusus dikopernya  misalnya sleyer , boneka atau lainya .  Justru dengan insiatif memberi tanda sendiri akan mempermudah pencarian lantaran karena  semua sarung  koper  jamaah haji  berwarna  merah putih .

Apalagi  subkloter 44 gabungan dari berbagai kota yakni Pacitan, Ngawi, magetan, Madiun kota dan Surabaya. Sedangkan gelombang kedua pemberangakatan haji ini berjumlah 113 orang.