Pemkab Tawarkan Relokasi Untuk 23 KK Pengungsi Tanah Retak Desa Nguncup Bekiring Pulung

Pemkab Ponorogo  memberi perhatian  lebih kepada  nasib pengungsi terdampak tanah gerak dukuh Nguncup desa Bekiring Pulung . Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menawarkan opsi akan melakukan relokasi bagi puluhan kepala keluarga yang saat ini tengah mengungsi . Penawaran itu diberikan setelah bupati Sugiri Sancoko datang ke Bekiring Pulung Rabu sore 24 Mei 2023 .


Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh BPBD serta Dinas Sosial P3A Kabupaten Ponorogo, sedikitnya ada 23 KK yang harus mengungsi di tempat pengungsian terpadu . Dari jumlah KK tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yang pertama ada 14 KK yang tepat pada lokasi retakan dan 9 KK yang berada di bawah retakan .

Sugiri Sancoko bupati ponorogo mengatakan 23 KK harus di relokasi .  Dirinya khawatir jika terus ada penurunan pada kondisi tanah maka ketika terjadi hujan retakan akan terisi air dan efeknya bisa terjadi longsor. Terlebih saat ini retakan yang terjadi pertama kali pada 30 Maret tersebut sudah membentuk tapal kuda .

Kang Giri sapaan Bupati menjelaskan saat ini para warga, baik yang berada di lokasi retakan maupun dibawah sudah mengungsi ditenda darurat yang dibangun oleh BPBD .  Selain itu, pihaknya juga memerintahkan Dinsos P3A untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi para pengungsi seperti makan, air bersih serta selimut//