Simpang Empat Brahu Rawan Kecelakaan, Kini Dipasangi Traffic light

Rawan kecelakaan, Dinas perhubungan (Dishub) Ponorogo dan Satlantas Polres Ponorogo Senin 15 mei 2023 memasang traffic light di simpang empat Brahu Siman, Ponorogo. Setiyo Hari Sujatmiko PLT Kepala Dishub Ponorogo mengatakan, pemasangan traffic light ini, karena adanya laporan pengaduan dari masyarakat, bila simpang 4 Brahu tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas.


Selain itu, situasi dan kondisi di sekitar simpang empat Brahu ada perbankan dan kawasan pertokoan sehingga aktivitas masyarakat juga banyak di lokasi tersebut. Miko mengatakan, pihaknya menganggap tunggakan dari jalan desa yang akan menyeberang jalan raya jika dihitung waktunya sampai 30 detik, bahkan saat jam sibuk masuk sekolah maupun jam masuk kantor yakni jam 06.00 hingga 08.00 WIB, tunggakan bisa lebih lama, selain itu Kerawanan kecelakaan lalu lintas juga sangat besar untuk terjadi.

Dishub Ponorogo berpandangan, sesuai dengan peraturan menteri perhubungan nomor 96 tahun 2015 tentang pedoman manajemen rekayasa lalu lintas, jika terjadi fenomena kecelakaan lalu lintas setahun minimal 5 kali, Volume kendaraan 750 ke atas dan Tunggakan minimal 30 detik lamanya Maka perlu memasang Traffic light. Traffic light yang dipasang merupakan pindahan dari pertigaan Ngepos, walaupun pindahan, Miko mengklaim bahwa kondisi masih bagus.