Ratusan ASN Pemkab Ponorogo, Tak Masuk Kerja di Hari Kedua Puasa

Di Hari pertama masuk kerja di bulan ramadhan, Jumat 24/3/2023 ribuan Aparatur Sipil Negara – ASN di lingkungan Pemkab Ponorogo tidak ngantor. Berdasarkan data aplikasi absensi online Jathilan, dari 2908 ASN yang tersebar di 56 OPD, ada sekitar 142 orang yang tak masuk.


Hanya saja mereka bukan bolos melainkan izin dengan berbagai kepentingan. Andi Susetyo kepala Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM ) mengatakan, alasan mereka mengajukan izin tidak bisa masuk kerja, diantaranya ada kepentingan keluarga, izin sakit, memperoleh tugas luar, mengikuti pendidikan dan pelatihan dan adanya kendala teknis di absensi Jathilan. 

Pihaknya memang tidak menurunkan tim seperti hari pertama masuk pasca Idul Fitri. Saat masuk awal Ramadhan seperti sekarang ini, namun bisa dipantau melalui absensi online jatilan. 

Untuk yang izin karena kepentingan keluarga maka akan berdampak pada perolehan tunjangan perbaikan penghasilan ( TPP) baik absensi kehadiran maupun aktivitas. Beda yang izin sakit hanya terpotong TPP absensi kehadiran.