Jelajah

Berangsur-angsur Turun, Harga Gabah di Ponorogo Buntut Penetapan HPP

Harga gabah mulai berangsur-angsur turun. Informasi yang disampaikan Ahmad Pudiono, salah satu pengusaha penggilingan di Babadan, saat ini harga gabah kering giling – GKG mencapai Rp 5800 per kg nya.

Angka tersebut terjun bebas dari saat harga gabah mahal yang tembus Rp 7400 per kg. Dijelaskan penurunan itu terjadi bulan Februari 2023 lalu, seiring munculnya ketetapan pemerintah terkait harga pembelian pemerintah (HPP) gabah kering giling (GKG) ditentukan Rp 5.750 per kg dan beras Rp 9.000 per kg untuk cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang Bulog.

Otomatis, semua stok yang dimiliki para pedagang besar, dikeluarkan jika tak ingin rugi lantaran sebentar lagi juga terjadi panen raya. Adapun untuk harga beras di pasaran juga sudah turun, dimana dirinya menjual ke pedagang pasar sekitar Rp 9200 per kgnya. 

Jika dijual eceran ke konsumen bisa mencapai Rp 9800 hingga Rp 10 ribu per kg untuk kualitas medium. Kalaupun saat ini ada yang masih menjual di atas Rp 11 ribu per kg dipastikan stok lama dan mereka tidak ingin rugi. Karenanya konsumen harus pintar dengan selalu mengupdate informasi harga.