HeadlineJelajah

Hanya 19 Siswa , SDN 2 Kertosari Akan Ditutup Mulai Tahun Ajaran Baru Nanti ,Sempat Diwarnai Penolakan Wali Murid

Salah satu sekolah yang rencananya akan di tutup tahun ini , adalah SDN 2 Kertosari Babadan Ponorogo. Sekolah yang ada dijalan Stadion Timur itu ,jumlah siswanya hanya 19 anak itu pun minus kelas 6 .  Ida Rosase Kepala SDN 2 Kertosari, mengakui kesulitan mencari siswa dalam beberapa tahun terakhir .

Diperkirakan , sekolahnya dikepung sekolah swasta yang dinilai favorit oleh masyarakat sehingga sekolahnya menjadi kurang diminati .  Pihaknya sebenarnya sudah sosialisasi dan mengajak kalangan orang tua menyekolahkan anak anaknya di SDN 2 Kertosari tapi tak membuahkan hasilnya .  Akhirnya menginformasi ke masyarakat sekolahnya resmi ditutup  pada tahun ajaran baru 2023 /2024 .

Ida mengklaim meskipun sempat ada penolakan penutupan SDN 2 Kertosari namun akhirnya diterima wali murid .  Hanya saja wali murid tersebut minta ada pelonggaran hingga ajaran baru untuk memindahkan siswa ke sekolah baru .

Ida mengungkapkan sementara untuk guru non asn dipindah kemana masih menunggu pemetaan musyawarah kerja kepala sekolah ( MKKS) .  Pihaknya pun siap membantu wali murid untuk mencari sekolah untuk siswa pasca penerimaan raport semester genap tahun ajaran 2022/2023 .

Sementara itu lurah Kertosari Imam Mudhofir mengatakan selasa pagi 28 Maret 2023 wali murid sempat menemui untuk minta tanda tangan penolakan penutupan SDN 2 Kertosari .  Nantinya penolakan tersebut akan disampaikan kepala Dinas Pendidikan Ponorogo .  Rata rata penolakan tersebut wali murid masalah faktor ekonomi jika sekolah di tempat yang baru .

Lanjut imam, dirinya sebagai pengampu wilayah juga menolak penutupan . Apalagi tokoh masyarakat setempat juga menolak .  Pasalnya jika ditutup kelurahan Kertosari tidak mempunyai SD negeri .  Pasalnya SDN 1 Kertosari telah tutup sejak lama . Namun secara aturan jika kurang 40 siswa memang harus tutup .

Pihaknya tidak bisa berbuat apa apa . Imam Mudhofir menambahkan,  pihaknya sebenarnya sudah berupaya untuk membantu sekolah memperoleh siswa dengan memberikan fasilitas pada pentas seni untuk menarik hati calon wali murid .