Jelajah

Polres Lakukan Trauma Healing Bantu Warga Terdampak Tanah Retak Tumpuk Sawoo

Dalam upaya membantu warga mengatasi rasa cemas dan ketakutan pasca bencana alam tanah retak, Polres Ponorogo turunkan tim trauma healing ke lokasi pengungsian Gedung TK dharma wanita Desa Tumpuk Sawoo. Kanit patroli SAT SAMAPTA  Ipda Toni Gerindra mengatakan, trauma healing sangat dibutuhkan sebagai tindakan yang efektif untuk mengatasi peristiwa yang menyebabkan trauma.

Para pengungsi diberikan kesempatan meluapkan perasaan dan pengalaman mereka, Tim trauma healing diharapkan dapat memberikan penguatan dan motivasi kepada warga terdampak bencana, terutama mengajak anak-anak di pengungsian dengan bernyanyi dan bercerita. Anak-anak di pengungsian yang semula murung, kembali terlihat tersenyum. Mereka juga tertawa, selain melakukan trauma healing pihaknya juga memberikan Bantuan sembako serta jajanan untuk anak-anak.

Sekedar mengetahui , bencana tanah retak melanda desa Tumpuk sawoo dimana ada 43 KK atau 139 jiwa yang akhirnya mengungsi di TK dharma wanita setempat. Tanah retak sebenarnya telah dideteksi dan dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada 14 Februari lalu , Hanya saja, saat itu retakan biasa, sementara pada tanggal 26 Februari 2023, retakan semakin lebar hingga membuat beberapa rumah ambles dan ambruk.