HeadlineJelajah

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawanas Janjikan Bantu Bangun Huntara Warga Tanah Gerak Tumpuk Sawoo

Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengecek langsung bencana tanah gerak di Dusun Sumber Desa Tumpuk Kecamatan Sawoo Jumat 3 Maret 2023. Selain meninjau lokasi bencana tanah gerak, gubernur juga mengunjungi tempat pengungsian yang berada di TK Dharma Wanita di dusun Sumber desa Tumpuk.

Seperti dikatakan Gubernur Khofifah, ada gerakan tanah yang cukup signifikan perubahannya. Pihaknya dan tim dari provinsi sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Sugiri Sancoko. Bupati sudah mencari lahan, direncanakan milik Perhutani untuk tempat relokasi.

Ketika lokasi lahan untuk relokasi sudah ada dan sudah terkonfirmasi, maka pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim yang akan membangun rumah bagi mereka. Dengan anggaran untuk satu unit rumah dianggarkan sebanyak Rp 50 juta. Khofifah mengungkapkan Ada 43 unit rumah yang nantinya akan dibangun di lahan relokasi.

Dari Pantauan Radio gema surya di lokasi, Gubernur Khofifah melihat beberapa rumah yang terdampak yang sudah ditinggalkan pemiliknya. Sebab, sudah tidak mungkin rumah yang terdampak itu untuk ditinggali lagi. Bahkan masjid Kondisinya sudah memprihatinkan. Lantainya sudah hancur, dan tiangnya sudah tidak ada yang lurus, sudah miring karena tanahnya bergerak terus.