Resmi Menempati Huntara, 22 KK Warga Terdampak Tanah Longsor Gunung Banyon Talun Ngebel Dapat Bantuan Kambing

22 KK terdampak longsor gunung Banyon desa Talun Ngebel, resmi pindah ke rumah hunian sementara ( Huntara ), sejak Sabtu 11 Maret 2023 kemarin. Mereka pantas berbahagia lantaran selain bisa menempati rumah baru, juga mendapatkan bantuan modal dari gubernur Jatim Khofifah, berupa kambing. 


66 ekor kambing diserahkan secara langsung oleh orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut saat peresmian Huntara di dukuh Sidomukti Sabtu, 11/3 lalu. Kepala desa Talun Waroto mengatakan, setiap KK mendapatkan 3 ekor kambing dengan harapan bisa membantu perekonomian warga terdampak.

Apalagi selama ini mereka memiliki pekerjaan bertani dan beternak sehingga sangat pas bila mendapatkan bantuan kambing. Bahkan dari puluhan ekor kambing itu, 2 ekor diantaranya telah melahirkan. Tak hanya itu Pemprov Jatim juga memberikan bantuan sekolah untuk 15 pelajar dan anak yatim piatu.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan Huntara dinyatakan selesai dan tinggal penyempurnaan saja. Jaringan listrik sudah terpasang, begitu juga air juga tak ada kendala. Kekurangan hanya pada jalan sepanjang 1 km, yang perlu dirabat sehingga harapannya ada bantuan dari daerah.