Jelajah

BPBD Minta Masyarakat Waspada Bencana Hidrometeorologi Pada Akhir Bulan Februari Hingga Maret

Mulai 25 Februari hingga 3 Maret 2023 Diperkirakan menjadi Puncak musim hujan, BPBD minta warga yang tinggal didaerah pegunungan dan aliran sungai yang menjadi daerah langganan banjir selalu siap siaga. BMKG mengeluarkan peringatan adanya bencana hidrometeorologi, dimana Ponorogo termasuk wilayah yang terdampak. 

Seperti yang kejadian banjir Sabtu malam (25/01) Luapan  sungai gendol di Jabung, menyebabkan meluap ke jalan dan pekarangan penduduk di sebagian Jabung, Mojorejo dan Tegalsari, hanya saja jam 11 malam sudah surut. Surono Kabid kedaruratan dan Logistik BPBD mengatakan pihaknya sudah mulai memberikan sosialisasi kepada tingkat Kecamatan dan Desa mengenai peringatan cuaca ekstrem, masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan misalnya Ngebel, Pudak, Sooko, Sawoo, Pulung, Ngrayun , Slahung untuk waspada longsor, sementara yang di bawah atau tinggal di wilayah langganan banjir juga diminta waspada.

Surono menambahkan, angin kencang yang biasa melanda Jenangan, Babadan dan Sukorejo, pihaknya pun menyiagakan anggota piket 24 jam saat bencana terjadi, ia meminta masyarakat juga membersihkan aliran sungai atau selokan  agar tidak tersumbat.