Jelajah

Ponorogo Dapat Kuota Haji 544 jamaah, 27 CJH Mengundurkan Diri

Kuota keberangkatan haji 2023 untuk kabupaten Ponorogo sudah turun . Jumlahnya sekitar 544 jamaah dimana merupakan gabungan pemberangkatan haji tahun 2020, 2022 dan 2023. Kepala kantor kementerian agama Kemenag Ponorogo, Nurul huda mengatakan, kuota pemberangkatan haji 2023 untuk wilayah jawa timur 34.868 jamaah dan Ponorogo mendapatkan 544 orang.

Dari angka tersebut sudah 280 jamaah haji tahun 2020 yang pemberangkatannya ditunda karena covid 19, tahun  2022 ada 34 jamaah haji  yang belum melakukan pelunasan pada tahun tersebut, sedangkan sisanya merupakan calon jamaah haji tahun ini. Namun begitu, dari ratusan jamaah haji tersebut masih akan dilakukan verifikasi apalagi ada 27 Calon jamaah haji yang menunda keberangkatannya tahun ini.

Alasanya pun beragam salah satunya karena sakit. Penundaan keberangkatan CJH tersebut telah dilaporkan kepada Kementerian Jawa Timur agar kuotanya digantikan oleh CJH lainnya. Menurutnya Nomor antriannya yang mengatur dari provinsi. Jadi nomor antrian bawahnya akan dinaikkan dan bisa berangkat tahun ini.

Namun begitu, nomor antrian yang dimajukan keberangkatannya tersebut juga akan ditanya oleh kementerian agama kembali terkait kesiapannya untuk berangkat. Jika belum siap akan dicarikan nomor urut selanjutnya. Calon jamaah haji yang berangkat tahun ini berdasarkan data aplikasi Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) pendaftaran tahun 2011.