HeadlineJelajah

Hujan Deras Disertai Angin, Tanah Longsor dan Pohon Karet Tumbang di Lingkar Telaga Ngebel

Hujan deras yang mengguyur kawasan Ngebel, Sabtu sore, 25/3/2023 menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang. Longsoran tanah terjadi di sekitar lingkar telaga Ngebel dimana sebuah pohon karet berukuran besar ambruk dan menutup badan jalan.

Bahkan saking tingginya, sebagian batang pohonnya masuk ke tepi telaga. Pantauan gema surya, hingga Senin pagi, 27/3 proses evakuasi masih dilakukan melibatkan banyak pihak baik BPBD, Muspika hingga dinas PUPKP. 

Tim relawan cepat – TRC Ngebel, Kijo Patkay memperkirakan butuh waktu dua hari untuk menyingkirkan pohon karet dengan tinggi 30 meter dan diameter 2 meter tersebut. Sebab selain mengevakuasi pohon juga membersihkan material longsor yang sempat memenuhi badan jalan lingkar telaga.

Untuk itu, evakuasi dilakukan dengan alat berat agar lebih bisa dipersingkat waktunya. Dijelaskan kejadian pohon karet tumbang tersebut terjadi Sabtu malam sekitar jam 23.00 WIB. Untungnya kawasan telaga Ngebel sepi, sehingga tidak sampai membawa korban jiwa.

Sementara untuk pengunjung di alihkan, yang biasanya dari pintu masuk langsung ke kiri, dengan adanya kejadian tersebut harus belok kanan. Selain di kawasan telaga Ngebel, pohon karet tumbang juga terjadi di dukuh Sekodok jalur Dolopo Ngebel.