Operasikan Mobil INCAR Selama Operasi Keselamatan Semeru, Ratusan Pelanggar Lalu Lintas Terdeteksi

Mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) yang dioperasikan Satlantas Polres Ponorogo berhasil mendeteksi ratusan kendaraan yang melanggar lalu lintas selama pelaksanaan operasi keselamatan Semeru 2023.


Kanit Kamsel Satlantas Polres Ipda Abdul Kholik menjelaskan, tercatat ada 441 pelanggaran yang tercapture dan siap dikonfirmasikan ke pemilik kendaraan. Rata-rata pelanggaran yang berhasil direkamnya adalah tidak memakai helm.

Lebih lanjut dikatakan dalam operasi keselamatan Semeru 2023, pihaknya menggunakan dua metode menjaring pelanggaran yakni manual dan elektronik tilang. Adapun yang manual, digelar razia di kawasan perkotaan seperti jalan Hos Cokroaminoto dan eks terminal Tambakbayan. Dari lokasi tersebut juga banyak terjaring pelanggaran lalu lintas khususnya surat-surat.

Hanya saja, pihaknya tidak mengeluarkan surat tilang dahulu melainkan surat teguran. Sementara dalam operasi keselamatan Semeru juga dilakukan sosialisasi dan edukasi yang menekankan Save Our Children. Ada pembagian helm gratis untuk anak-anak , pemberian coklat hingga buku tulis bagi pelajar yang bawa sepeda ke sekolah.