Jelajah

Pemkab Launching Kalender Wisata Ponorogo Selama Tahun 2023

Pemkab Ponorogo launching Kalender Wisata selama tahun 2023, setidaknya ada 62 event pariwisata yang digelar di sepanjang tahun ini. Launching itu dilakukan di bibir Telaga Ngebel pada hari Sabtu malam 11 Februari ditengah tengah indahnya water fountain (air mancur) yang menari. Bupati Ponorogo  Sugiri Sancoko mengatakan upaya itu sebagai  bentuk Komitmen Pemkab dalam memajukan sektor pariwisata.

Ada 62 event dan masih akan ditambah lagi dengan event pariwisata lainnya di tingkat Desa dimana usai pandemi Covid-19  kegiatan-kegiatan kesenian dan budaya mulai menggeliat lagi. Sinergi antara 62 event yang dilaunching dalam Kalender Pariwisata dengan event yang diadakan oleh Pemerintah Desa itu, diibaratkan oleh Kang Giri sebagai bangun ruang kerucut, yang mana 62 event dengan leading sektor dari Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) itu, sebagai event pariwisata mengikat berada di puncak, Sedangkan ratusan event yang diadakan pihak Desa itu, bisa dikatakan sebagai wisata penyangga.

Branding Kabupaten Ponorogo dibawah kepemimpinan nya adalah Kota budaya dan santri. Atas dasar itulah 62 event yang digelar pada tahun ini, juga ada event wisata religi. Bupati Sugiri Sancoko meminta dukungan penuh masyarakat karena menuju kota wisata, tidak mudah untuk dilaksanakan, sehingga masyarakat bisa mendukung dengan ramah, senyum, dan menjaga kebersihannya.

Selain melakukan launching Kalender Wisata, dalam kesempatan itu Pemkab Ponorogo juga launching aplikasi Ponorogo Tourism. Dalam aplikasi itu masyarakat akan terbantu terkait event wisata dan kepariwisataan di Kabupaten Ponorogo.