HeadlineJelajah

Peserta Mencapai Ribuan, KPUD Ponorogo Siapkan 3 Tempat Untuk Tes Tulis Calon PPS

KPU Kabupaten Ponorogo akan menyiapkan 3 lokasi untuk tes tulis calon petugas pemungutan suara – PPS yang akan dilaksanakan pada 6 Januari 2023. Langkah tersebut dilakukan mengingat jumlah peserta yang mencapai ribuan.

3 lokasi tersebut yakni gedung di kecamatan Kauman, Tambak Kemangi Tonatan dan Gedung PGRI Ponorogo. Komisioner KPUD ponorogo, Gaguk Ika Prayitna mengatakan, nantinya 1 gedung maksimal akan diisi 1000 peserta.

Tes yang digelar nantinya akan dilakukan secara manual yakni menggunakan alat tulis sehingga tidak menggunakan CAT ( Computer Assisted Test ) pihaknya berupaya titik lokasi tes para peserta seleksi lebih dekat dengan tempatĀ  tinggal peserta. Tes seleksi ini nantinya akan digelar secara serentak dalam waktu yang sama untuk menghindari kebocoran soal.

Sedangkan jumlah peserta yang lolos administrasi PPS hingga Selasa siang, 3 Januari 2022 masih diteliti. Namun mereka yang tidak lolos administrasi disebabkan yakni Bukan KTP Ponorogo dan/atau bukan KTP pada desa tempat si pendaftar melamar, berkas tidak lengkap dan Berkas lengkap tapi ada kesalahan. Seperti, surat-surat tidak ditandatangani ,Surat Pernyataan tidak bermaterai, dan surat sehat tidak menerangkan gula darah dan kolesterol.

Sekedar informasi peserta seleksi PPS yang menyerahkan berkas pendaftaran yakni 3066 pelamar. Pengumuman lolos administrasi direncanakan tanggal 3 Januari 2023. Awalnya lokasi tes direncanakan di 1 lokasi yakni gedung kesenian jalan Pramuka.