Jelajah

9 Warga Bulu Lor Jambon Kena Chikungunya, 2 Dukuh di Fogging

Serangan cikungunya di Ponorogo terus meluas. Bukan hanya di Nambangrejo Sukorejo maupun di Ronowijayan Siman, serangan nyamuk Aedes Albopictus itu juga dilaporkan menyerang warga di Desa Bulu Lor Jambon.

Sedikitnya 9 orang kena gigitan yakni di RT 05 Dukuh Ngipik dan RT 05 Dukuh Bulu. Karenanya 2 titik tersebut, Jum’at (30/12) dilakukan voging masal untuk mengantisipasi agar kasusnya tidak bertambah banyak.

Sekretaris Desa Bulu Lor Jambon Siti Mariyam, mengatakan 9 warganya yang terkena cikungunya tidak sampai dirawat dirumah sakit. Mereka awalnya mengira kena asam urat sehingga hanya berobat di Polindes. Kemudian petugas kesehatan curiga dari gejalanya yang mengarah ke cikungunya sehingga melapor ke pihak desa.

Selain fogging juga dilakukan sosialisasi  pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan mengefektifkan peranan jumantik. Pihaknya juga memberikan abate dan vitamin untuk daya tahan tubuh. Adapun warganya yang kena cikungunya rata-rata sudah lansia dengan keluhan pegel linu seluruh badan, bahkan ada yang sulit berjalan lantaran kakinya bengkak.