Jelajah

Marak Penipuan Atas Namakan Bank di Medsos, Polres Lakukan Penyuluhan ke Nasabah

Maraknya penipuan lewat media sosial (medsos) yang mengatas namakan pihak bank akhirnya mendapatkan atensi khusus dari Polres Ponorogo. Mereka melakukan upaya pencegahan agar kasusnya tidak membawa korban semakin banyak.

Salah satunya dengan memberikan penyuluhan kepada nasabah Bank.Kali ini yang disasar, salah satu Bank yang ada di jalan HOS Cokroaminoto. Kanit Patroli Satsamapta Ipda Toni Gerindra mengakui jika dalam pekan ini sudah ada 2 laporan penipuan dengan kerugian jutaan rupiah.

Korban mendapatkan wa atau SMS hadiah yang mencatut nama bank maupun perusahaan tertentu. Setelah mengirim uang yang diminta, ternyata hadiah tersebut tidak datang. Untuk itu pihaknya meminta kepada nasabah yang ada di ruang antri tersebut untuk mewaspadai aksi penipuan lewat media sosial yang mengatasnamakan pihak Bank.

Jika ada kiriman melalui Whatsapp atau SMS yang mengatasnamakan pihak Perbankan dengan iming-iming hadiah uang atau barang alangkah baiknya di konfirmasi dulu ke pihak bank atau kepolisian. Hal tersebut untuk mengklarifikasi benar atau tidaknya berita atau informasi tersebut, sehingga jangan sampai menjadi korban penipuan melalui media sosial yang mengatasnamakan perbankan atau pihak tertentu.