Pemenang Tender Sudah Ditentukan, Segera Dimulai Pembangunan Monumen Dan Museum Reyog Sampung

Rencana pembangunan Monumen dan Museum Reyog setinggi 126 meter bakal segera teralisasi .  Ini setelah Unit Layanan Pengadaan (ULP) Badan Pengadaan Barang dan Jasa telah menentukan pemenang proyek  prestisius  tersebut  yakni  PT. Widia Satria dari Surabaya dengan Harga Perkiraan Sendiri ( HPS) 73 milyar .


Budi Darmawan Kepala bagian (kabag) Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Pemkab Ponorogo  mengatakan   setidaknya tiga peserta yang lolos dalam prakualifikasi .  Namun dalam perjalannya hanya dua yang melakukan memasukkan penawaran .  Yakni masukan penawaran yakni PT. Widia Satria dan PT. Sinar Cerah Sempurna .

Selanjutnya dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh Pokja hanya PT. Widia Satria dari Surabaya yang telah memenuhi aspek kualifikasi, administrasi, teknis serta kelengkapan lainnya  sehingga  memenangkan tender. Anggaran pagu 84 miliar Nilai Harga Penawaran , Sementara 76 miliar dan untuk nilai penawaran 73 miliar .  Budi mengungkapkan  kontrak di mulai  tahun ini  hingga Desember 2024 dengan sistem pembiayaan  multi years .

Seperti diketahui , Monumen reog dan  museum peradaban akan dibangun di bukit gamping  Sampung dengan rencana  anggaran  80 milyar dengan sistem multi years selama 3 tahun . Anggaran selain bersumber dari APBD 2022 juga ada bantuan keuangan dari propinsi Jawa Timur .  Pembangunan monumen reog dan museum peradaban bertujuan menjadikan wilayah tersebut lebih cepat dikenal banyak orang sehingga akan jadi kawasan wisata .

Kedepan Pemkab Ponorogo  juga mengundang investor agar bersedia membangun hotel bintang lima di wilayah tersebut .  Pembangunan monumen reog di Sampung sangat strategis .  Pasalnya lokasinya tak jauh dari Telaga Sarangan sekitar 35 menit .  Sementara jarak dari Kota Ponorogo  hanya  sekitar 12 kilometer .