HeadlineJelajah

Kebijakan Impor Beras , Bikin Petani Disukorejo Tak Bisa Tidur

Petani diwilayahS ukorejo mulai was was dengan rencana Impor beras oleh pemerintah . Pasalnya ada sebagian petani yang akan panen raya satu minggu lagi .  Dikawatirkan jika kebijakan impor beras tersebut teralisasi maka akan menurunkan harga gabah yang saat ini tengah bagus bagusnya .

Seperti disampaikan Ratna , salah satu petani , baru ada isyu impor saja bisa mempengaruhi harga pasar apalagi jika rencana tersebut  teralisasi . Tidak mungkin petani memanen lebih  awal tanaman padinya karena belum cukup umur .  Jika dipaksakan justru akan ditolak pedagang karena kualitasnya buruk .  Dijelaskan hingga Kamis pagi harga gabah masih sekitar rp 6200 rupiah per kgnya .  Harga tersebut terus mengalami kenaikan sejak 4 hari terakhir ,dimana sebelumnya di angka 5800 rupiah per kgnya .

Meski Impor beras merupakan kebijakan pemerintah pusat namun dampaknya akan sangat dirasakan kalangan petani karena pasti berpengaruh pada harga gabah maupun beras hingga ke daerah termasuk Ponorogo . Dirinya tidak habis pikir dengan kebijakan impor beras karena stocknya aman bahkan bisa dikatan surplus .