Butuh Waktu 3 Hari Lagi Jalur Ngebel Dolopo Dibuka untuk Pengguna Jalan

Butuh waktu panjang untuk membuka akses jalur Dolopo – Ngebel yang terputus karena longsoran tanah beberapa pekan lalu. Meski sudah didatangkan 2 alat berat, tumpukan material tanah dan batu tidak serta merta bisa langsung dievakuasi. Buktinya hingga hari kelima, pembukaan akses jalan tersebut masih dilakukan.


Seperti disampaikan Camat Ngebel Dwi Cahyanto, dua alat berat masih bekerja dibantu warga sekitar dan Muspika. Sebenarnya, jalan sudah bisa dilewati namun pihaknya akan membuka untuk umum jika kondisinya sudah aman dan bersih.

Diperkirakan 3 hingga 4 hari lagi jalur Dolopo – Ngebel khususnya di Dukuh Kayu Mas Desa Ngrogung tersebut bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat. Pihaknya akan mendatangkan truk tangki BPBD untuk membersihkan sisa-sisa material dan sedimen lumpur dengan cara menyemprotnya dengan air. Selain itu ada normalisasi selokan serta pembuatan pagar dari bambu untuk keamanan pengguna jalan.

Seperti diketahui longsoran tanah  di  Desa Ngrongung tepatnya perbatasan Sahang – Ngebel yang menutup akses jalan penghubung Ponorogo – Madiun sejak beberapa pekan terakhir. Warga setempat harus memutar dengan jarak yang lebih jauh apabila ingin ke Madiun. Pelajar sekolah harus melalui jembatan darurat dari bambu yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat. Warga sudah berupaya mengatasi longsoran tersebut secara manual tapi tidak bisa maksimal. (rl)