2 Alat Berat Dikirim ke Desa Ngrogung, Buka Akses Jalan Ngebel Dolopo yang Putus Karena Longsor

Pemkab Ponorogo akhirnya turun tangan, melakukan perbaikan jalur Ngebel Dolopo yang sempat terputus gara-gara longsor yang menimbun badan jalan. 2 alat berat berupa ekskavator sudah diturunkan sejak Senin kemarin, 28/11/2022, untuk bisa menyingkirkan tumpukan material yang memang sulit dibersihkan jika mengandalkan secara manual saja. 


Dalam waktu 5 hingga 10 hari ke depan titik yang ada di dukuh Kayu Mas Ngrogung tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Camat Ngebel, dwi Cahyanto mengatakan nantinya material tersebut diratakan dan dipadatkan. Sudah ada kesepakatan dengan warga setempat, ada penggunaan lahan pribadi untuk membuka akses jalan baru karena jalan lama sudah terkikis longsor dan membahayakan.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP ) agar bisa menangani jalur tersebut secara tuntas. Apalagi jelang pergantian tahun dimana Ngebel akan menjadi salah satu jujugan wisatawan dalam mengisi liburan.

Seperti diketahui longsoran tanah di desa Ngrogung tepatnya perbatasan  Sahang Ngebel yang menutup akses jalan penghubung Ponorogo Madiun  sejak beberapa pekan terakhir. Warga setempat harus memutar dengan jarak yang lebih jauh apabila ingin ke Madiun. 

Pelajar sekolah harus melalui jembatan darurat dari bambu yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat. Warga sudah berupaya mengatasi longsoran tersebut secara manual tapi tidak bisa maksimal.