Jelajah

BPS Mengklaim Pendataan Regsosek Akan Selesai Sesuai Target

Hingga Jumat 11 November 2022, Badan pusat statistik (BPS) telah mencapai 93 persen dalam melakukan pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) 2022. BPS optimis, pendataan tersebut akan selesai tepat waktu yakni pada tanggal 14 November. Seperti yang disampaikan siswi hariini Kepala BPS Ponorogo kepada gema surya Ahad (13/11), petugas yang berjumlah 1656 petugas terus melakukan pendataan yang belum terdata. 

Mayoritas petugas ini diambil dari Desa setempat untuk memudahkan pengenalan medan dan sosial masyarakat, sedangkan bagi masyarakat yang belum ke data, bisa segera melapor ke call center BPS. Pendataan dilakukan oleh petugas dengan mendatangi rumah-rumah warga (door to door), untuk menanyakan beberapa variabel seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, serta aset.

Sekedar informasi Regsosek 2022 berlangsung mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022, pendataan dilakukan terhadap seluruh penduduk Indonesia dengan menggunakan basis keluarga, dimana setelah melakukan pengumpulan data, BPS Akan melakukan pengolahan data, forum konsultasi publik dan diseminasi hasil pada tahun 2023 mendatang.