HeadlineJelajah

Pilkades Serentak 22 November 2022, Ada 153 TPS Tersebar di 23 Desa

153 Tempat Pemungutan Suara ( TPS) dipersiapkan untuk pilkades serentak di 23 desa pada 22 November 2022. Dari jumlah tersebut, TPS terbanyak ada pada Krebet Jambon yakni 12 TPS sedangkan yang paling sedikit desa Menang Jambon dengan 2 TPS.

Anik Purwani, Kepala bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD Kabupaten Ponorogo mengatakan jumlah TPS mengacu pada penetapan  daftar pemilih tetap ( DPT) untuk pilkades. Karena status pandemi covid 19 belum dicabut, sehingga jumlah setiap pemilih di TPS dibatasi hanya untuk 500 pemilih.

Masih kata Anik Purwani, DPT terbanyak yakni desa Krebet Jambon mencapai 5846 orang. Sedangkan untuk DPT terkecil yakni 910 orang yakni di desa Menang Jambon. Meskipun jumlah TPS di desa lebih dari 1 buah, namun untuk penghitungan hasil pilkades tetap di lakukan oleh TPS induk.

Sementara TPS tambahan tersebut hanya untuk mencoblos. Anik melanjutkan, semua alat untuk pencoblosan, panitia pilkades melakukan pengadaan sendiri.

Sekedar informasi, Pilkades serentak akan digelar pada 22 November 2022.Sebelumnya, sudah ditetapkan calon kepala desa yakni 58 calon kepala desa.