HeadlineJelajah

PVMBG Rekomendasikan 20 Rumah di Titik Retak Gunung Banyon Talun Ngebel Segera Direlokasi

Langkah pemerintah desa Talun, segera mengupayakan relokasi terhadap 19 KK dukuh Krajan desa Talun yang tinggal di area gunung Banyon sudah tepat. Pasalnya Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG)  yang turun ke lokasi Senin, 7/11/2022, merekomendasikan 20 rumah yang berada di titik tanah gerak untuk segera dipindah.

Seperti dikatakan Surono, Kabid kedaruratan logistik BPBD Ponorogo,  PVMBG sudah melakukan pengecekan sebanyak 2 kali di titik adanya tanah gerak yang menjadi pemicu bencana longsor beberapa waktu lalu. Dijelaskan   sebelum terjadinya longsoran, di bagian atas mahkota sudah mengumpul di lembah.

Sehingga berpotensi memunculkan longsoran susulan dimana materialnya  akan mengalir di sepanjang aliran air atau sungai. Padahal di lokasi itu ada pemukiman warga. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait rekomendasi PVMBG itu, kemudian lembaga tersebut akan berkirim surat secara resmi kepada Badan Penanggulangan Bencana dan Bupati Ponorogo.

Sebelumnya pemerintah desa sudah menyiapkan tanah khs desa di dukuh Sidomukti untuk ditempati warga relokasi. Prioritasnya 19 KK dahulu sehingga mulai kemarin dilakukan pembangunan hunian sementara dengan dana swadana. Pemerintah desa juga melakukan open donasi berupa bahan material untuk warga peduli Talun.