HeadlineJelajah

KPU Kabupaten Ponorogo Akan Manfaatkan Aplikasi SIAKBA Rekrut Badan Ad Hoc Pemilu 2024

Salah satu agenda penting dalam tahapan pemilu adalah rekrutmen Badan Ad Hoc .  Sesuai jadwal pada pertengahan Nopember ini , akan dimulai pendaftaran panitia pemilihan kecamatan -PPK .  Munajat ,ketua KPU kabupaten Ponorogo mengatakan, perekrutannya akan lebih mudah karena menggunakan aplikasi sistem informasi anggota KPU dan badan ad hoc atau SIAKBA .  Teknologi yang diciptakan oleh pusat data KPU RI itu bisa digunakan oleh masyarakat  .

Secara umum penggunaan aplikasi SIAKBA tertuang dalam PKPU 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Komisi Pemilihan Umum .  Dijelaskan jika sesuai jadwal perekrutan PPK akan dimulai 15 Nopember diawali dari pengumuman .

Nantinya pihaknya akan merekrut sekitar 105 anggota PPK dimana  keterwakilan perempuan sekitar 30 prosen harus terpenuhi .  Sementara untuk perekrutan anggota panitia pemungutan suara-PPS akan dimulai bulan Desember nanti  .

Lebih lanjut dikatakan  PPK merupakan salah satu Badan Ad Hoc yang bertugas menyelenggarakan pemilu di tingkat kecamatan .  Adapun  Panitia Pemungutan Suara atau PPS bertugas di tingkat desa/kelurahan dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS bertugas ditingkat TPS dengan wilayah kerja RT/RW .

Bagi masyarakat yang berminat dapat menghubungi KPU Kabupaten Ponorogo untuk mendaftar sebagai anggota PPK dan PPS diawali dengan memiliki akun SIAKBA yang nantinya akan diakses melalui halaman web atau klik https://siakba.kpu.go.id .