HeadlineJelajah

Pemkab Ponorogo Beli Alat E-Parking 28 Unit

Untuk mendukung alat E-Parking yang akan direncanakan oleh Sugiri Sancoko bupati Ponorogo, dinas perhubungan telah melakukan pengadaan alat E-Parking sebanyak 8 alat. Sementara BPPKAD sebagai pengelola parkir khusus menyediakan 20 alat.

Eri Setyoso Birowo Plt Kabid Sarpras Dishub Ponorogo, dengan harga alat mencapai Rp 3,5 juta per unit. Saat ini pihaknya telah membuat rancang bangun yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Juru parkir ( jukir ). 

Dengan melakukan workshop untuk pengenalan Jukir terhadap sistem E-Parking. Ery menambahkan, Pertengahan bulan ini nanti ada uji coba di 25 titik dulu di wilayah kota untuk pemakaian alat. Sementara itu kata Ery, target retribusi parkir dari 175 titik retribusi parkir tepi jalan dengan 245 Jukir yang dikelola Dishub Ponorogo, sektor ini pada tahun 2021 lalu dari target PAD Rp 800 juta, realisasi hanya mencapai 84 persen atau Rp 672 juta.

Sedangkan pada tahun 2022 ini dari target Rp 1,2 miliar hingga kini baru terealisasi 52 persen atau Rp 624 juta. Pihaknya mengakui menampik selain akibat Covid-19, rendahnya realisasi retribusi parkir tepi jalan akibat adanya kebecoran yang terjadi di tingkat Juru Parkir (Jukir).