Dampak Bencana Kunjungan Ngebel Turun Drastis, Disbudparpora Minta Pedagang Lokal Bersabar

Isu tutupnya Wisata Telaga Ngebel Ponorogo langsung dibantah oleh Yudha Slamet Sarwo Edi Kepala Disbudparpora. Pihaknya dengan tegas menyatakan jika isu tersebut hanyalah hoax. Memang ada satu akses dari arah Dolopo hingga kini belum dibuka kembali lantaran adanya jalan yang ambles dampak bencana longsor pekan lalu. Meski begitu, masih ada jalan lewat jalur Ponorogo yang aman dilintasi dan tetap dibuka untuk kunjungan wisatawan.


Disisi lain, Disbudparpora mengakui jika tingkat kunjungan ke Telaga Ngebel memang jauh menurun setelah adanya bencana alam yang menyebabkan beberapa titik longsor. Secara langsung dampak turunya tingkat kunjungan ini dirasakan oleh para pedagang lokal yang menggantungkan hidupnya dari objek wisata Ngebel. Omset penjualan hampir dipastikan turun drastis lantaran banyak pengunjung yang bisa jadi masih takut untuk naik ke Ngebel karena cuaca saat ini masih susah diprediksi.

Meski begitu, pihaknya meminta pedagang lokal di Ngebel untuk tidak putus harapan lantaran bencana memang tidak bisa diprediksi. Selain itu pihaknya yakin jika Ngebel masih mempunyai potensi yang luar biasa. Jika sekarang ini tingkat kunjungan turun, memang faktor cuaca dan alam. Kedepan setelah kondisi cuaca jauh lebih stabil dan kerusakan selesai diperbaiki, pihaknya yakin tingkat kunjungan bisa digenjot lagi.