HeadlineJelajah

Operasi Zebra, Pengendara Yang Patuh Dapat Hadiah Dari Polisi

Operasi zebra yang di gelar Satlantas Polres Ponorogo mulai 3-16 OktoberĀ  boleh dibilang berbeda dari biasanya. Pasalnya, selain menilang pengendara yang tidak mematuhi aturan lalu lintas, polisiĀ  juga memberikan hadiah bagi mereka yang tertib dan patuh berlalu lintas.

IPDA Abdul Kholik, Kanit Kamsel Satlantas Polres mengatakan hadiah atau reward diberikan berupa beras 5 kg. Mereka yang kedapatan tertib seperti mengenakan helm SNI, memakai sabuk pengaman untuk roda empat, memakai masker, surat surat dan kendaraan lengkap langsung dihentikan untuk dapat beras.

Kemarin, pihaknya mendapati 10 pengendara di kawasan Tonatan yang tertib sehingga mendapat hadiah sembako tersebut. Nantinya lanjut Kanit Kamsel, reward akan terus diberikan sewaktu waktu tanpa terjadwal. Reward bertujuan memberikan penghargaan untuk pengendara bermotor yang selama ini selalu tertib berlalu lintas.

Polisi menerapkan reward dan punishment dalam operasi zebra kali ini meski untuk reward belum menyasar semua pengendara yang patuh. Selama 10 hari dilakukan operasi zebra, sebenarnya jumlah pelanggaran terpantau turun.