Lowongan PPPK Akan Dibuka Lagi, Ponorogo Dapat Kuota 728 Orang

Kabar baik untuk yang bercita-cita menjadi Aparatur sipil negara ( ASN) khususnya Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ( P3K). Pasalnya Kabupaten Ponorogo memperoleh jatah kuota 728 lowongan P3K. 


Andy Susetyo, kepala Badan kepegawaian pengembangan sumber daya manusia ( BKPSDM) mengatakan pihaknya mengajukan kuota 802 P3K baik untuk guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

Namun oleh Menteri pemberdayaan aparatur negara dan birokrasi ( Menpan RB ) hanya disetujui kuota 728. Yang rinciannya yakni untuk guru 541 P3K, tenaga kesehatan yakni 106 untuk PPPK tenaga kesehatan ( nakes ) dan untuk PPPK tenaga teknis sebanyak 81 lowongan. 

Masih kata Andy, PPPK guru dan nakes disetujui semua kuota yang diajukan. Namun ada pengurangan sebanyak 74 lowongan dalam pengajuan untuk PPPK tenaga teknis. Karena sebelumnya pihaknya mengajukan 155 lowongan P3K untuk teknis lainnya. Sedangkan tenaga teknis yang tidak disetujui oleh Kemenpan RB itu, kebanyakan untuk lowongan PPPK yang bekerja di kecamatan-kecamatan. Diperkirakan kata Andy, untuk kekurangan tenaga teknis antinya bisa diisi dari lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Andy menjelaskan, meski kuotanya sudah keluar, namun yang perekrutan PPPK-nya dalam waktu dekat bisa langsung melakukan khususnya untuk PPPK nakes dan tenaga teknis. Pasalnya hingga kini petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) untuk P3K nakes dan tenaga teknis belum turun. Namun kata Andy,  berbeda untuk lowongan P3K guru, sudah jelas program seleksinya.