Jelajah

Longsor di Wagir Kidul Pulung, Jalan Utama Tak Bisa Dilewati

Sebanyak 100 kepala keluarga (KK) yang bermukim di Dukuh Bangunsari, Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, kesulitan akses keluar kampung setelah jalan penghubung antar dukuh di desa itu putus akibat longsor susulan, Selasa (18/10/2022) pagi.

Kepala Desa Wagir Kidul, Suhariyanto mengatakan, jalan penghubung itu putus total setelah hujan mengguyur kawasan itu sejak Senin, 17 oktober 2022. Jalan utama sepanjang 40 meter dengan ketinggian 8-10 meter itu telah longsor 9 Oktober 2022 lalu, namun kali ini lebih parah dan jalan pun amblas. Ia mengatakan, jalan penghubung itu menjadi akses utama warga setempat menuju wilayah lain.

Karena akses utama putus, warga harus memutar melewati jalan lain dengan waktu tempuh yang lama dengan medan sangat curam dan berbahaya. Suhariyanto menyebut, total warga yang bermukim di Dukuh Bangunsari sebanyak 100 kepala keluarga atau 268 jiwa. Mereka berada di rt 2/ RW 4 dan RT 3/ rw 4.

Dengan kejadian longsor tersebut, pihaknya berharap pemerintah daerah segera memperbaiki jalan yang putus.  Pihaknya juga telah meminta kepada BPBD bantuan bronjong dan alat berat serta saluran drainase agar saluran air yang tertimbun longsor bisa lancar kembali.