Jelajah

Puluhan ODGJ di Kecamatan Babadan Dibekali Keterampilan Agar Mandiri

Dilatih hidup mandiri, puluhan orang dengan gangguan jiwa-ODGJ  di wilayah Babadan diberikan pelatihan. Bertempat di balai desa Trisono, mereka dibekali keterampilan dari membuat keset, tas anyaman dan kerajinan tangan lainnya sesuai dengan minatnya.

Joni Widodo, pemegang program kesehatan jiwa Puskesmas Sukosari Babadan menjelaskan pihaknya menggandeng Balai latihan kerja – BLK Karanglo Lor Sukorejo untuk pelatihnya. Ada beberapa desa di wilayahnya yang mengirimkan warganya yang menderita penyakit skizofrenia tersebut, seperti Cekok, Trisono, Sukosari, Gupolo, Bareng, Ngunut dan Polorejo.

Selama ini mereka tergabung dalam Posyandu jiwa sehingga selain mendapatkan pelatihan dengan mengambil lokasi anjangsana, juga dicek kesehatan fisik dan mentalnya. Meski sudah banyak yang sembuh mereka tetap bergantung pada obat-obatan, jika tidak dikhawatirkan kambuh kembali.

Dengan adanya pelatihan keterampilan setidaknya memberikan bekal untuk kehidupannya agar bisa normal di masyarakat dan ada kegiatan. Apalagi rata- rata masih berusia produktif  atau setidaknya masih bisa bekerja antara 30 hingga 50 tahun.