Jelajah

Banyak Kegiatan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo, Disbudparpora Klaim Akan Jadi Festival Terlama di Indonesia

Dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga – Disbudparpora mengklaim festival yang diselenggarakan dalam rangkaian Grebeg Suro dan hari jadi Ponorogo merupakan paling lama dan sukses se-Indonesia. Karenanya warga kota Reyog harus bangga, dimana tak ada daerah yang sekuat Ponorogo konsisten dalam menyelenggarakan event budaya dengan durasi satu bulan lebih.

Hal tersebut disampaikan Yudha Slamet Sarwo Edi, kepala Disbudparpora , karena hingga saat ini kegiatan gelaran Grebeg Suro dan hari jadi Ponorogo, masih terselenggara. Setiap hari tiada hari tanpa ada gelaran, dan uniknya semua kegiatan yang menyelenggarakan masyarakat sendiri melalui sebuah komunitas sementara Pemkab hanya sebagai penyemangat.

Dijelaskan masih ada beberapa rangkaian Grebeg Suro dan hari jadi Ponorogo yang diyakini siap menyedot ribuan penonton. Salah satunya, tari Bujang Ganong yang melibatkan 2200 personil dari siswa SD, SMP dan 100 penari sufi.Kolaborasi unik tersebut memadukan Ponorogo sebagai kota budaya dan religius. Pihaknya mencatatkan aksi tersebut untuk bisa memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia ( MURI ). Belum lagi ada kegiatan ratusan reyog obyok yang akan tampil di jalan-jalan protokol dan gelar budaya.