Jelajah

Ponorogo Peduli Asi – PPA Kampanyekan Pentingnya ASI Dengan Banyak Kegiatan di Jalan Baru

Di Ponorogo,  Pekan ASI Sedunia atau World Breastfeeding Week  dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Ahad, 7 Agustus 2022 di jalan baru Suromenggolo, komunitas Ponorogo Peduli Asi – PPA, menggelar pemeriksaan kesehatan gratis, pemberiaan vitamin tambah darah, serta sosialisasi dan edukasi kepada para pengguna jalan dan warga akan pentingnya memberikan ASI kepada anak-anaknya dengan melakukan long march.

Anik Setyorini, ketua PPA mengatakan kegiatan tersebut penting untuk mengkampanyekan pemberian ASI kepada bayi karena masih banyak pasangan suami istri yang lebih suka ngasih susu formula. Pekan ASI sedunia tahun ini menjadi momentum untuk meningkatkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif bagi bayi berusia kurang dari 6 bulan.

Sebab, ujar dia, persentase bayi yang mendapat ASI eksklusif dalam tiga tahun terakhir menurun. Padahal ASI mengandung zat gizi yang lengkap. Diantaranya karbohidrat, protein, multivitamin, dan mineral yang mudah diserap secara sempurna.

Selain itu, ASI juga mengandung sel darah putih, zat kekebalan, enzim, hormon, dan protein yang cocok untuk bayi. Dia juga menyebut, pemberian ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi, namun juga bagi ibu yang menyusui. Seperti menurunkan risiko terjadinya kanker payudara dan kanker ovarium.

Lingkungan sekitar seperti bapak dan keluarga merupakan aspek yang penting dalam mendukung keberhasilan menyusui. Tak kalah pentingnya, sistem kesehatan juga terus dibenahi untuk memperkuat kapasitas dalam menyediakan dan mempertahankan lingkungan yang ramah menyusui.

Pekan menyusui sedunia diperingati setiap tahunnya pada minggu pertama  bulan Agustus atau tanggal 1 hingga 7.