Jelajah

Sandiaga Uno Nyatakan Rangkaian Perayaan Grebeg Suro Masuk Dalam Kalender Kharisma Event Nusantara 2022

Kabupaten Ponorogo ternyata menarik perhatian Sandiaga Salahuddin Uno , Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) .  Wirausahawan dan politisi  tersebut  sudah dua kali mengunjungi kota Reyog dalam sebulan terakhir .  Terakhir, Rabu Malam untuk menyaksikan langsung Festival Nasional Reyog Ponorogo ke 27 di panggung utama alon alon .

Dalam sambutannya , Mas menteri menjelaskan rangkaian perayaan Grebeg Suro  masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 dari Kemenparekraf RI .  Padahal  tidak mudah   sebuah acara daerah masuk   dalam KEN sehingga warga Ponorogo harus bangga.  Sebelum dinyatakan masuk KEN, kegiatan ini harus melalui kurasi oleh para ahli festival dan event nasional . Dengan antusiasme penonton yang tinggi pihaknya berharap bisa ditingkatkan dan menjadi event internasional. Kepada  wartawan, usai acara  Sandi meyakini dengan gelaran Grebeg Suro yang spektakuler, tidak akan ada lagi yang akan mengeklaim reog , Dengan kegiatan yang masif ini, dunia akan tahu bahwa reog adalah warisan asli Ponorogo.

Pihaknya akan mendukung Reog jadi warisan tak benda (WTB) ke Unesco, Dengan Reog menjadi WTB tentu akan menjadi daya tarik wisata dan goalnya untuk bisa meningkatkan ekonomi. Berdasarkan data Indonesia, ada 1.239 WTB yang tersebar di Nusantara, termasuk Reog. Sandi mengungkapkan festival reog ini, jadi peluang usaha seluas-luasnya untuk masyarakat. Dari tiketnya saja sudah puluhan juta, belum lagi usaha UMKM yang ada .