Jelajah

Harga Cabe Rawit Mulai Turun, Pedagang Besar Takut Merugi

Harga cabe rawit mulai berangsur angsur turun dalam beberapa hari terakhir. Informasi yang disampaikan Munif, salah satu pedagang sayuran di pasar Sumoroto, harga bumbu dapur dengan rasa pedas itu hingga Jumat 15 Juli 2022 mencapai 75 Ribu Rupiah per Kgnya. Padahal 3 hari lalu masih mencapai  100 Ribu Rupiah.

Penurunan yang cukup drastis itu justru membuat pedagang besar harus menanggung kerugian sebab terlanjur memiliki stock yang melimpah. Mereka membeli ke pengepul dengan harga masih tinggi, tiba tiba setiap harinya turun 10 Ribu Rupiah. Sehingga tak bisa dibayangkan jika memiliki stock 1 Ton cabe dengan pembelian masih sekitar 90 Ribu Rupiah per Kg, kerugian yang ditanggung bisa mencapai Jutaan Rupiah. Bahkan kata Munif, setiap malam pedagang cabe tersebut segera melempar barangnya kepasar karena takut harganya semakin anjlok.

Lebih lanjut dikatakan jika penurunan harga cabe yang signifikan itu karena ada pasokan dari Kediri. Cabe rawit dengan ukuran besar besar mulai membanjiri pasar sehingga barang berlimpah permintaan stabil. Sementara untuk  cabe besar masih tinggi diatas  80 Ribu Rupiah per Kgnya. Tomat sedikit turun dari 18 Ribu Rupiah, tinggal 15 Ribu Rupiah saja.