Idul Adha, Pemkab Ponorogo Kurban 5 Sapi dan 16 Kambing

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menyiapkan sebanyak 5 sapi dan 16 kambing untuk kurban Idul Adha 1443 Hijriah. Hewan tersebut bakal disembelih pada ahad 10 Juli mendatang.


Sukarni Kabag Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Pemkab Ponorogo, mengatakan bahwa 5 sapi itu didistribusikan ke Masjid Agung Ponorogo, organisasi NU, organisasi Muhammadiyah, masjid di Desa Bajang Balong dan Masjid di Desa Gelang Kulon sampung. Jika kambing akan distribusikan menyebar ke seluruh Ponorogo.

Nantinya 5 sapi tersebut penyembelihannya dilakukan Rumah Pemotongan Hewan Jetis beda dengan tahun tahun sebelumnya. Lanjut Sukarni, sapi yang dibeli itu kisaran beratnya adalah 450 sampai 600 kilogram. Dana yang disiapkan untuk membeli seluruh hewan kurban adalah Rp 198 juta. Namun pihaknya tidak hafal jenis sapinya. Sukarni memastikan sapi dalam kondisi hewan dan tidak terkena PMK pasalnya sudah dicek dokter hewan. Hewan kurban ini, kata Sukarni, dibeli oleh peternak asal asal Kecamatan Badegan. Sesuai dengan keputusan Bupati Sugiri Sancoko untuk memberdayakan peternak lokal.