HeadlineJelajah

600 Siswa SD Di Ponorogo Menari Bujang Ganong Masal Di Jalan HOS Cokro Aminoto

Sekitar  600 siswa SD di Ponorogo menari Bujang Ganong massal di Jalan HOS Cokroaminoto, Ahad pagi . Mereka gabungan pelajar  dari 21 kecamatan . Dari pantauan jurnalis radio gema surya para penari menggunakan topeng ganongan, celana hitam dan kaos khas Ponorogo kompak mengikuti alunan musik tradisional .

Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengungkapkan acara tersebut  bisa digelar bareng saat perayaan Grebeg Suro. Tidak hanya tari bujang ganong tapi juga bersama dengan tari Sufi . Pihaknya pun merencanakan untuk Grebeg Suro ke depan, ada perpaduan antara tarian Ponorogo yang menarik serta penari sufi yang unik .

Lanjut Giri, ingin menunjukkan Ponorogo sebagai kota budaya dan santri .Harus disinergikan dalam bentuk tarian yang bisa merangkul masyarakat .  Dua jalur ini di jalan bakal ada ribuan penari bujang ganong dan sufi .  Pesannya agar Ponorogo ini kota budaya dan santri yang memang harus kombinasi dan sinergi .

Menurutnya, kenapa anak-anak diajak kolaborasi tarian khas Ponorogo, karena ingin menanamkan seni budaya sejak dini. Untuk regenerasi budayawan seni Reog di Ponorogo .

Sementara Sudirman penggiat seni mengatakan , materi tari Bujang Ganong ini salah satu seni tari di dalam pagelaran Reog Ponorogo .  Meski tidak berlatih untuk pentas, para peserta dipastikan bisa menari bujang ganong terutama anak-anak .

Sudirman mengatakan kegiatan tari massal ini pernah dilakukan pada tahun 2019 lalu, tari Jathil massal. Juga ada tari Krido Warok Cilik, pun sekarang tari Bujang Ganong