Jelajah

Pemkab Ponorogo Akan Mendata Ulang Jumlah Tenaga Honorer

Pemkab Ponorogo bakal segera melakukan pendataan ulang pegawai honorer, ini setelah muncul surat edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tentang penghentian tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang. Andi Susetyo Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengatakan, data  tahun 2021 sedikitnya ada 4.547 tenaga honorer yang bekerja di lingkup Pemkab Ponorogo.

Jumlah itu belum dikurangi yang lolos PPPK tahun lalu, dengan adanya  pendataan lagi, diharapkan ada solusi bagi pegawai honorer yang tidak sesuai syarat kualifikasi untuk rekrutmen PPPK, Baik dari background pendidikan maupun berapa lama mengabdi. Menurutnya, Tahun ini tidak ada CPNS, sehingga kesempatan hanya di PPPK, tapi ini belum dapat jumlah formasinya berapa, Selain itu, didalam edaran Menpan RB tersebut para PPPK rencananya akan dipekerjakan oleh pihak ketiga atau outsourcing, itu pun harus sesuai dengan kualifikasi alih daya.

Andi menambahkan bahwa pendataan PPPK tersebut akan dilakukan pada akhir bulan Juni ini, Selanjutnya akan dikirim ke Kementerian sebagai bahan acuan berapa formasi PPPK yang akan dibutuhkan, pihaknya berharap semoga ada tambahan kuota dari pusat, agar semakin banyak yang diterima.