Muhipo Assesment Festival, Pengambilan Nilai Ekstrakurikuler Sekaligus Pertunjukan untuk Masyarakat

Penilaian praktikum adalah giat rutinan seluruh sekolah, apalagi di Kabupaten Ponorogo, tapi apa jadinya jika penilaian itu dibarengi dengan pertunjukan untuk masyarakat umum?  Ya, bukan hanya dapat nilai saja, tapi bonus rasa bangga dan kepuasan tersendiri bagi pesertanya karena bisa memberikan hiburan bagi masyarakat.


Seperti yang dilakukan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, sekolah yang telah terakreditasi A sejak tahun 1997 dan baru saja melaunching kelas seni budaya di tahun 2021 ini menghelat MUHIPO Assement Festival yang diikui kelas 10 dan 11.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Sugeng Riyadi menjelaskan, saat ini sekolah yang di nahkodai Muh. Cholil M.Pd tersebut memiliki 23 ekstrakurikuler, setiap akhir semester ada penilaian bagi siswanya disetiap ekskul. Nah, di tahun 2022 ini penilaian tak hanya dilakukan di sekolah saja, melainkan ekskul yang bisa disuguhkan ke masyarakat seperti tari, musik, tapak suci, dan ssebagainya akan ditampilkan dalam gelaran Muhipo Assesment Festival di pelataram patung warok jalan Hos Cokroaminoto.

Selain itu ekskul seperti jurnalistik turut terjun ke lokasi untuk melakukan liputan sebagai bentuk penilaian juga, sehingga bukan hanya anak didik puas mendapatkan nilai saja, melainkan juga puas karena dapat memberikan performa terbaiknya di depan masyakat, apalagi tepat di Sabtu (11/6/22) malam di mana kawasan HOSCA kerap ramai oleh pngunjung.

Dengan memberikan wadah kepada anak didik untuk memberikan penampilan istimewanya dapat memotivasi mereka untuk berlatih tekun dan mempersiapkan dengan matang. (aj)